Instalasi FORTUNA ARGATECH AWLR Sebagai Alat Monitoring Real-Time Dan Peringatan Dini Bahaya Banjir

Di akhir tahun 2021 lalu, tim Fortuna Argatech melakukan 2 instalasi unit AWLR (Automatic Water Level Recorder) alat pemantau ketinggian/level air secara otomatis, untuk PT Berau Coal (PT BC) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (PT HKI).

Anomali cuaca yang terjadi akhir-akhir ini dikarenakan oleh imbas fenomena La Nina yang akhirnya curah hujan yang terjadi sangat tinggi dan mempunyai efek jangka panjang. Dampak paling buruk dari fenomena ini adalah bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan tanah longsor.

Client pertama kami adalah PT BC, AWLR dipasang di Sungai Kelay, Berau. AWLR yang dipasang adalah sensor debit air dengan tipe radar flow, yang memungkinkan sensor mendeteksi level air sekaligus kecepatan air yang lewat. 2 unit sensor terpasang di sebuah jembatan yang membentang di sungai dan hasil dari kedua paremeter tsb dibandingkan dengan kontur dasar sungai yang menggunakan referensi batimetri yang pernah dilakukan sebelumnya.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa beberapa waktu yang lalu, ada kejadian jebolnya tanggul penahan air sungai di salah satu tambang milik PT Rantaupanjang Utama Bhakti (IUP tetangga PT Berau Coal), mengakibatkan aliran air sungai Kelay meluber serta membanjiri area tambang di perusahaan itu. Maka pemasangan instalasi alat monitoring ALWR ini menjadi bagian penting dari upaya PT BC membangun sistem peringatan dini (early warning systems) bahaya banjir di area konsesi tambang mereka.

Instalasi kedua untuk PT HKI yang saat ini tengah mengerjakan proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Binjai-Pangkalan Brandan, yang melewati aliran hilir sungai Sei Wampu.

Anomali cuaca yang cukup extrem membuat pekerjaan pembangunan pondasi jembatan terkendala dikarenakan ketinggian air melebihi tanggul yang telah dibuat. Ketinggian air di sekitar lokasi proyek (hilir sungai) tersebut sangat dipengaruhi oleh cuaca serta debit air yang tinggi di area hulu. Maka pemasangan sensor ALWR tipe submersible menjadi upaya PT HKI untuk mendapatkan early warning alert atau peringatan dini bahaya banjir. Managemen akan mendapatkan informasi awal ketinggian air di area hulu dan secara real-time dari alat yang terhubung ke cloud server kemudian akan mem-broadcast level warning melalui pesan whatsapp, email kepada teknisi dan pihak terkait di lapangan sehingga evakuasi alat berat hingga manusia dapat dilakukan, sebelum banjir terjadi.

AWLR yang diproduksi oleh FORTUNA ARGATECH mempunyai berbagai tipe sensor, menyesuaikan kondisi lapangan dan output yang diinginkan oleh user. Diantaranya : tipe Radar Flow, tipe Submersible dan tipe Ultrasonic. Selain itu, kami juga menyediakan platform monitoring berbasis web yang sangat bermanfaat untuk teknisi melihat secara real-time data dalam bentuk raw, grafik/chart juga mengatur level warning alert dari treshold yang dapat diatur dengan tampilan (interface) yang mudah dan user friendly.

#InternetofThings #Sensor #AWLR #Smartmining #Waterlevelmonitoring #Cloud

Leave a Comment