FORTUNA ARGATECH siap “Beraksi” dalam upaya pencegahan Fenomena La Nina di Indonesia

Di akhir tahun 2021 lalu, perusahaan kami mendapatkan kontrak pembelian (Purchase Order) untuk unit ARGATECH Extensometer (Landslides Early Warning System And Slope Stability Monitoring), diantaranya dari :

1. PT Vale Indonesia, Sorowako (nickel mine)
2. PT Batutua Kharisma Permai, Pulau Wetar (copper mine)
3. PT Semen Indonesia, Tuban (state-owned cement factory)
4. PT Bharinto Ekatama, Melak (coal mine)
5. PT MIFA Bersaudara, Meulaboh, Aceh (coal mine)

Dan seluruh PO tersebut baru akan kami lakukan instalasi di tahun ini.

Fenomena La Nina masih akan berlangsung hingga pertengahan tahun 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait imbas dari fenomena La Nina ini. Intensitas hujan yang tinggi hingga bulan pertengahan tahun 2022 tentu akan memicu bencana hydrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor berkepanjangan.

Managemen terutama dari industri pertambangan, perkebunan juga industri lain tentunya juga harus mengambil langkah antisipasi, sehingga potensi bencana terutama longsor di area pekerjaan tetap dapat termanage dan termonitor secara baik, sehingga meminimalisir dampak kerusakan asset hingga fatality.

Salah satu cara untuk antisipasi yang bisa dilakukan adalah dengan pemasangan alat monitoring kestabilan lereng digital Extensometer. ARGATECH Extensometer adalah salah satu alat monitoring buatan Indonesia yang telah diimplementasikan di lebih dari 80 lokasi tambang, dan area publik di seluruh Indonesia dan Malaysia. Alat ini memastikan seluruh monitoring trend deformasi (Surface) yang terjadi, ter-record, terdatabase secara real-time (Cloud Server), sekaligus memberikan alert berupa bunyi sirine dan tanda lampu saat kondisi melebih treshold (Akumulatif dan Velocity). Level warning (melalui notifikasi pesan Whatsapp dan E-mail), serta forecasting (menggunakan pendekatan Inverse Velocity) adalah tambahan fitur unggulan kami sebagai pendukung analisa geoteknik.

Selain Extensometer, kami juga siap mensupport instrumentasi sensor lain untuk mendukung monitoring real-time, seperti : Automatic Weather Station, Automatic Water Level Recorder, dll.

Source : https://lnkd.in/gibRuFiZ

#smartmining #IoT #geotechnical #geoteknik #geology #slopestability #monitoring #realtime #wireless

Leave a Comment