6 Orang Hilang Akibat Tanah Longsor di Jepang

Longsor di Oita, Jepang (Kyodo/via REUTERS)
Longsor di Oita, Jepang (Kyodo/via REUTERS)

Tokyo – Sedikitnya enam orang dilaporkan hilang akibat tanah longsor yang melanda Jepang bagian selatan. Sejumlah rumah warga tertimbun longsor. Seperti dilansir AFP, Rabu (11/4/2018), longsor melanda kawasan pegunungan di kota Yabakei, wilayah Nakatsu, Jepang bagian selatan pada Rabu (11/4) pagi waktu setempat.
“Tiga rumah tertimbun usai longsor melanda,” ujar juru bicara kepolisian setempat. Media lokal Jepang, Kyodo, seperti dikutip Japan Today, menyebut ada empat rumah yang tertimbun longsor.
“Enam orang tidak diketahui keberadaannya usai longsor,” imbuhnya. Kyodo juga melaporkan enam orang yang hilang itu terdiri atas seorang pria berusia 40-an tahun dan lima wanita berusia 20-90 tahun. Diyakini enam orang itu tertimbun longsor.
Operasi pencarian para korban terus dilakukan. Sekitar 200 personel kepolisian dan petugas pemadam dikerahkan dalam operasi itu. Tentara Jepang juga ikut dikerahkan untuk membantu operasi pencarian.Dilaporkan Kyodo, longsor ini memutus salah satu akses jalan ke lokasi. Salah satu bagian lereng mengalami longsor selebar 100 meter dan mencapai ketinggian 50-60 meter.
Penyebab longsor belum diketahui pasti. Observatorium Meteorologi setempat mencatat tidak ada curah hujan 0,5 mm atau lebih di lokasi longsor dalam 24 jam terakhir.

Leave a Comment