Longsor di Dago Pakar Bandung, Satu Orang Tewas Tertimpa Fondasi Rumah

Foto: Alden Candra/Pasang Mata
Foto: Alden Candra/Pasang Mata

 
 
 
 
 
 
Bandung – Tanah longsor akibat hujan deras menyebabkan sebuah rumah di Resort Spring Hills, Dago Pakar, Bandung, Jawa Barat, rusak parah tertimpa fondasi rumah lainnya. Satu orang warga tewas dalam peristiwa ini.
“Kejadian sekitar pukul 18.00 WIB karena adanya longsor di kawasan ini. Fondasi sebuah rumah yang berada di bagian atas menimpa sebuah rumah yang ada di bawahnya. Rumah di bawahnya miring, boleh dibilang rusak parah,” ujar kontributor pasangmata.com Alden Candra saat dihubungi detikcom lewat telepon, Rabu (16/12/2015) dini hari.
“Satu orang meninggal dunia karena tertimpa,” sambungnya. Menurut Alden, korban tewas berjenis kelamin perempuan berusia sekitar 45 tahun. Dia bekerja sebagai pembantu rumah tangga di rumah yang rusak parah itu itu.
“Dia meninggal dunia karena tertimpa. Posisi pembantunya itu ada di dalam rumah. Mngkin karena mau turun dari tangga, jadi posisi meninggalnya di atas tangga,” jelas dia.
Pemilik rumah sendiri menurut Candra adalah suami istri warga negara Malaysia. Mereka selamat dari kejadian tersebut, namun anak mereka mengalami patah tulang di bagian tangan karena tertimpa longsor.
“Kawasan ini memang merupakan kawasan pegunungan, di sini kebanyakan vila tapi ada juga rumah pribadi. Rumah yang menimpa masih utuh, hanya fondasinya saja yang jatuh ke bawah, kemungkinan karena struktur tanah yang kurang bagus setelah hujan,” jelasnya.
Perlu waktu 6 jam untuk mengevakuasi korban tewas dari reruntuhan rumah. Beberapa alat berat pun sengaja didatangkan dan korban baru berhasil dikeluarkan sekitar pukul 00.30 WIB.
“Korban baru saja dibawa ambulans ke rumah sakit terdekat. Proses evakuasi memang lama karena (korban) tertimpa beton, jadi harus diangkut dulu pakai alat berat,” kata Candra.
(rni/bar)

Leave a Comment