Warga Tewas Tertimbun Longsor saat Berteduh di Kandang Kambing

BANJARNEGARA – Seorang warga Desa Mantrianom, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tewas akibat tertimbun longsor dan rumpun bambu.
“Korban bernama Adim Isrudin (55), warga Dusun Banaraga RT 01 RW 07, Desa Mantrianom, Kecamatan Bawang,” ujar Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Catur Subandrio, Selasa (15/12/2015).
Ia mengatakan, peristiwa nahas itu terjadi kemarin saat korban sedang berteduh sambil beristirahat di kandang kambing miliknya.
Oleh karena terus diguyur hujan lebat sejak sore, tebing di sebelah kandang longsor berikut rumpun bambu yang ada di atasnya, sehingga menimpa kandang kambing milik korban.
Warga setempat yang mengetahui kejadian tersebut segera melakukan upaya evakuasi dan melaporkannya ke BPBD Banjarnegara pada pukul 22.30 WIB.
Setelah berhasil dievakuasi oleh masyarakat dan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banjarnegara pada pukul 22.45 WIB, korban yang sudah tak bernyawa dibawa ke Rumah Sakit Islam Banjarnegara. “Peristiwa itu juga mengakibatkan satu dari lima ekor kambing milik korban mati,” tutur Catur.
Lebih lanjut, selain di Desa Mantrianom, tebing longsor juga terjadi di Desa Masaran RT 01 RW 02, Kecamatan Bawang, kemarin sekira pukul 22.25 WIB. Itu juga karena hujan lebat yang berlangsung sejak pukul 17.00 WIB.
“Kami mengimbau masyarakat terutama yang bermukim di daerah rawan longsor untuk meningkatkan kewaspadaan karena intensitas hujan cukup tinggi. Kalau ada rekahan tanah, segera ditutup untuk mengantisipasi terjadinya longsor,” tutur Catur.

 

Leave a Comment