Tanah Longsor Tutupi Badan Jalan dan Sungai di Agam

Jalan-terban-di-Agam
AGAM – Bencana tanah longsor terjadi di lima titik lokasi di Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam akibat hujan deras sejak Jumat (21/12). Material longsor menutup badan jalan dan sungai menyebabkan jalan tidak bisa dilewati dan air sungai meluap.Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam M. Luthfi menerangkan, longsor yang terpantau di lima titik tersebut disebabkan hujan deras yang melanda wilayah Agam sejak Jumat.
“Ada lima titik longsor di Kecamatan Palembayan diantaranya melanda badan jalan dan aliran sungai,” katanya, Sabtu (23/12). Lima titik longsor tersebut menurutnya adalah jalan terban di ruas jalan provinsi di Jorong Kampuang Tabu Nagari Sipinang lebih kurang sepanjang 15-20 meter pada Sabtu, sekitar pukul 01.00 Wib dinihari. Kemudian, jalan terban di ruas jalan provinsi di Jorong Sungai Puar Nagari Sungai Puar sepanjang 40 meter yang juga terjadi pada Sabtu (23/12), sekitar pukul 02.00 Wib.Kemudian, tanah longsor di ruas jalan provinsi di Jorong Pasar Palembayan Nagari IV Koto Palembayan, pada Sabtu, sekitar pukul 02.00 Wib. Longsor juga terjadi di ruas jalan provinsi di Jorong Lubuak Gadang Nagari IV Koto Palembayan pada hari Sabtu sekitar pukul 03.00 Wib. Material longsor juga menutupi sebagian ruas Jalan.“Material longsor menutupi ruas jalan sehingga jalan tidak bisa dilewati,” terangnya.
Di Nagari IV Koto Palembayan, material longsor menutupi Sungai Lubuak Gadang, sehingga air sungai meluap dan membanjiri sawah masyarakat sekitar 2 Ha. Dia menerangkan, jalan terban karena drainase tidak berfungsi.Saat ini, Satgas BPBD Agam bersama dinas instansi terkait tengah berupaya menyingkirkan material longsor dari badan jalan agar jalan kembali bisa dilewati. Dia mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk selalu waspada dan penduduk di lokasi rawan longsor sebaiknya mengungsi pada saat hujan. (fajar)

Leave a Comment