Tanah Longsor Lukai Tiga Warga Magelang

Foto: Pertiwi/detikcom
Foto: Pertiwi/detikcom

Jakarta – Bencana tanah longsor terjadi di Kabupaten Magelang. Tiga orang warga Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang mengalami luka ringan dan berat setelah tertimpa reruntuhan bangunan rumah akibat tanah longsor, pada hari Jumat (7/4/2017) dini hari.
Peristiwa itu terjadi di Dusun Jurang, Desa Kalisalak, Kecamatan Salaman. Saat terjadi longsor, ketiga korban diketahui tengah tertidur di rumah. Tidak korban jiwa dalam peristiwa itu.
“Ketiga korban adalah Asruri (72), Riyanti (42) dan Yulaikah (30. Mereka masih satu keluarga,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto di kantor Mungkid, Magelang, Jumat (7/4/2017).
Edi mengatakan korban Asruri mengalami luka patah tulang lengan atas dan harus dirawat di RST dr Soedjono di Kota Magelang. Sementara Riyanti luka pada bagian kepala dan Yulaikah luka ringan di beberapa bagian tubuh. Mereka luka karena karena tertimpa kayu dan tembok rumah bagian belakang.
Menurut Edi, tanah longsor yang terjadi di Dusn Jurang dipicu oleh hujan deras yang mengguyur kawasan lereng pegunungan Menoreh, sejak Kamis (6/4/2017) sore. Kondisi tersebut membuat talud penahan tanah di perbukitan sepanjang 15 meter dan tinggi 4 meter diatas rumah Asruri ambrol.'”Korban Asruri sempat dievakuasi ke Puskesmas Salaman namun akhirnya dirujuk ke RST dr Soedjono Kota Magelang karena luka parah yang diderita,” katanya.Hingga hari Jumat (7/4/2017) sore,ratusan warga dan relawan masih melakukan kerja bakti di lokasi kejadian. BPBD juga telah mengirimkan bantuan logistik untuk pelaksanaan kerja bakti. Warga, Tim SAR gabungan dan relawan bekerja membersihkan reruntuhan tanah yang menimpa rumah Asruri dan memperbaiki rumah yang rusak.

Leave a Comment