Tanah Longsor Tutup Akses Jalan di Lembang

tanahlongsorilustrasi
BENCANA tanah longsor susulan terjadi di Jalan Kolonel Masturi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat sampai memutuskan jalan penghubung antardaerah.Longsoran tanah yang menutupi seluruh badan jalan membuat arus lalu lintas menuju Parongpong, Cisarua, dan Kota Cimahi dialihkan ke jalur Kota Bandung.Sebagai informasi, tanah longsor terjadi pada Minggu (13/11) sore di Kampung Karamat RT 7 RW 6 Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang setinggi 70 meter dan lebar 15 meter.
Namun saat itu belum sampai memutus jalur lalu lintas.Selang beberapa jam kemudian, hujan yang terus mengguyur Lembang dan sekitarnya membuat longsor susulan terjadi.Lokasinya hanya berjarak beberapa meter dari lokasi longsor pertama. Tebing setinggi 30 meter ambrol menutup jalan.Sekitar pukul 22.00 WIB malam, longsor susulan terjadi lebih besar lagi. Bongkahan tanah setinggi 20 meter dengan lebar 15 meter pun menutup akses jalan Kolonel Masturi.
Sejumlah petugas Bina Marga telah mengevakuasi longsoran tanah pada Senin (14/11) pagi, tapi lagi-lagi terjadi longsor susulan dengan panjang sekitar 50 meter.Seusai menggelar pertemuan, Muspika Lembang memutuskan jalan Kolonel Masturi untuk sementara tidak boleh dilalui kendaraan bermotor karena longsor susulan kemungkinan besar masih bisa terjadi.Personil gabungan dari kepolisian, BPBD, Damkar, Bina Marga dan aparat desa dan kecamatan masih berjaga di sekitar lokasi. Garis polisi juga sudah dipasang agar tidak ada warga yang mendekati lokasi.”Jalan raya kita tutup sementara, seluruh pekerja harus menghentikan evakuasi jalan sampai dua hari ke depan karena kita khawatir timbul longsor susulan yang mengakibatkan korban jiwa,” terang Kapolsek Lembang, Kompol Widarjo di lokasi kejadian. (X-12)
 

Leave a Comment