Waduh, Puluhan Rumah Terancam Longsor

8121151989Rawan-longsor
Transbogor.co – Puluhan Rumah warga yang tersebar di lima RT di wilayah RW 06 Kampung Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor berada didaerah rawan longsor, terlebih keamanan mereka terancam di akhir musim kemarau ini.
Bahkan sebagian diantaranya bermukim ditepian tebing dengan ketinggian lebih dari lima meter. Meski ancaman bahaya longsor kerap menghantui warga, namun mereka mengaku tak punya pilihan lain selain memilih bertahan dirumah yang telah mereka huni sejak lama.
“Ya mau apalagi, karena cuma ini satu-satunya tempat tinggal kami.  Kalau ada tempat yang lebih aman sih pasti kami akan pindah rumah,” ujar dayat, warga setempat kepada transbogor.co Kamis (02/10/2015).
Berdasarkan data Pemerintah Desa, tak kurang dari 40 rumah warga di kampung ini berada di daerah rawan longsor. Dengan kondisi tersebut, pemdes mengaku tak tinggal diam, salah satunya melalui upaya sosialisasi siaga bencana.
“Sementara ini kami hanya bisa menghimbau kepada warga agar selalu waspada, terutama saat hujan turun.  Karena sebagian rumah berada ditepian tebing dengan kontur tanah yang labil,” pungkas Saepul Bahri, Kaur Kesra Desa Cinagara. (ardi/rick)
 

Leave a Comment