Hati-Hati, Jalan ke Pakidulan Rawan Longsor

2009
BERITACIANJUR.COM, CIANJUR – Rruas jalan sepanjang wilayah Cibeber menuju ke Pagelaran bahkan hingga ke daerah Cianjur selatan rawan longsor, sehingga bagi para pengendara kendaraan bermotor diimbau untuk lebih berhati-hati lagi pada saat sedang melintas di jalur tersebut.
Beberapa titik rawan longsor diantaranya seperti di ruas jalan Sorogol, Salagedang, Campaka, Citiis, dan Pasirpari. Kondisi tersebut terjadi diakibatkan karena hampir sepanjang ruas jalan berada di perbukitan dan tebing.
“Kondisi jalan yang kecil serta di kiri kanan terdapat jurang dan perbukitan, sehingga rawan terjadi longsor. Terutama pada saat musim hujan,” ujar Kapolsek Pagelaran, AKP Bep Nurdin YS SH MH melalui Kanit Binmas, Aiptu Sukasta saat ditemui di Mapolsek Pagelaran, Selasa (29/9).
Ia mencontohkan, beberapa titik di wilayah Pagelaran sendiri yang rawan terjadi longsor berada di daerah Caringin hingga Cadas Hideng, Desa Sindangkerta, khususnya di Coblong, Cadas Hideng karena perbukitannya cukup labil.
“Meskipun belum terjadi secara rutin, namun saat ini curah hujan mulai turun dan dikhawatirkan akan terjadi hujan deras. Sehingga rawan terjadinya bencana longsor, untuk itu bagi para pengendara diimbau agar lebih berhati-hati lagi saat melintas di jalur tersebut karena bencana itu bisa terjadi kapan saja,” ujarnya.
Sukasta menyebutkan, saat pertama kali turun hujan di wilayah Cianjur. Sekalinya terjadi meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun untuk kerugian secara materi tentunya ada.
“Untuk itu kami mengingatkan, supaya sedia payung sebelum hujan. Sebab musim penghujan sepertinya telah tiba,” imbuhnya.
Sementara itu, salah seorang pengendara angkutan umum jurusan Cianjur-Pagelaran, Dadan S membenarkan kalau di daerah Coblong, Cadas Hideng rawan terjadinya longsor pada saat musim hujan.
“Memang benar kalau di Coblong, Cadas Hideng itu di saat musim hujan kadang terjadi longsor. Sebab kondisi tanahnya yang labil dan tinggi,” terangnya kepada “BC” saat dikonfirmasi dalam kesempatan berbeda, kemarin.
Dadan berharap di saat memasuki musim penghujan kali ini, bencana longsor di daerah tersebut tidak terjadi. Kendati begitu sambung dirinya, kehati-hatian saat melintas di lokasi tersebut pun harus tetap dijaga. (rus)
 

Leave a Comment