Jalan Nasional Sibolga Barus Longsor Hingga Putus Total

LONGSOR: Jalan Nasional Sibolga-Barus longsor hingga putus total, Minggu (27/9).
LONGSOR: Jalan Nasional Sibolga-Barus longsor hingga putus total, Minggu (27/9).

Sorkam (SIB)– Jalan Nasional Sibolga – Barus mengalami longsor hingga putus total, Minggu (27/9). Diduga badan jalan yang menggunakan gorong-gorong itu tergerus derasnya arus air akibat hujan berintensitas tinggi sehari sebelumnya. Gorong-gorong yang membentang  di jalan tersebut sebagai saluran utama pembuangan air dari parit.
Jalan yang tepat berada di sisi jurang berkedalaman 13 meter mulai retak sejak Sabtu sore. Meski beberapa tahun lalu sudah dibangun dek untuk mencegah longsor, namun guyuran hujan yang terus menerus mempercepat terjadinya longsor.
Lokasi longsor berada di Desa Sipea-pea Kecamatan Sorkam Barat, Tapanuli Tengah (Tapteng), Km 37 Sibolga – Barus. Tidak ada korban laka lantas dalam musibah tersebut, karena pihak penanggungjawab PPK 11 Pelaksana Jalan Nasional sudah membuat tanda-tanda adanya bahaya longsor saat kondisi masih retak-retak.
Sementara kemacetan lalu lintas juga tidak terjadi, karena para pengendara bisa mengambil jalan pintas  melewati Desa Sipea-pea. “Ada 3 jalan dari dan ke Desa Sipea-pea, kita sudah pasang tanda-tanda tergantung mana yang dilewati pengendara,” kata pengawas Alson Siregar, sembari menimbun tanah merah di lokasi jalan yang longsor.
Pantauan SIB di lokasi, kondisi longsor mencapai kedalaman 7 meter dari permukaan jalan, dengan lebar 3 meter. (E05/f)

Leave a Comment