Turap Mampu Mengantisipasi Tanah Longsor

TEMBILAHAN (RIAUPOS.CO) – Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah salah satu daerah rawan musibah tanah longsor. Salah satu cara mengantisipasinya bisa dengan pembangunan turap.
Dikatakan anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Edi Haryanto Sindrang, untuk membangunnya membutuhkan dana besar. Kalau hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten tentu sangat berat.
“Pemerintah harus bisa membangun turap di sekitar lokasi itu. Kalau tidak bisa menggunakan APBD kabupaten kita bisa dengan meminta bantuan dengan provinsi bahkan pemerintah pusat,”kata Edy, Rabu (12/8).
Hampir setiap tahun Kelurahan Kuala Enok dihantam musibah tanah longsor. Bahkan kejadian itu sudah terjadi sejak lama hingga puluhan tahun silam. Seharusnya persoalan ini menjadi pengalaman bagi pemerintah.
“Pemerintah sudah punya data mana saja daerah yang rawan bahaya tanah longsor. Mungkin melalui data itu kita bisa membuat program, baik itu dengan membangun turap ataupun program-program lainnya,” kata Edy.
Untung saja dari beberapa kali musibah demikian tidak sampai merenggut korban jiwa. Walau tak sedikit harta benda yang tidak bisa terselamatkan. Namun semua itu patut untuk sama-sama disyukuri.
Selain itu Edy juga mengajak masyarakat agar tidak membangun rumah di daerah-daerah rawan longsor, seperti aliran sungai dan lain sebagainya. Tidak membangun pemukiman di lokasi tersebut salah satu cara positif untuk menghindar dari musibah demikian.(ind/mal)

Leave a Comment