Lonsor Aceh : Longsor, Tiga KK di Aceh Tengah Diungsikan

Ilustrasi : Area Rawan Tanah Longsor
Ilustrasi : Area Rawan Tanah Longsor

RRI.CO.ID – Muhammad Sanusi- KBRN, Aceh Tengah – Tiga keluarga (KK) di desa Kenyeren Kecamatan Begaseng Aceh Tengah, terpaksa harus mengungsi ke tempat familinya, akibat longsor terus terjadi di daerah setempat. Lokasi longsor yang berdekatan dengan rumah mereka membuat korban perlu segera diungsikan.
Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), hingga kemarin belum ada korban jiwa. Akibat hujan deras beberapa hari belakangan ini, mengakibatkan terjadinya longsor hampir di seluruh wilayah dataran tinggi Tanoh Gayo.

Meski belum menimbulkan korban jiwa, namun sedikitnya tiga KK warga Kenyeren Kecamatan Begaseng Aceh Tengah telah mengungsi ke familinya dan sebagian warga lainnya juga dilaporkan tengah sibuk memindahkan barang mereka.
“Posko belum kita dirikan, tapi kalau pengungsi terus bertambah akan kita dirikan segera poskonya,” ujar Kepala BPBD Aceh Tengah Jauhari, Jum’at (31/10/2014).
Dikatakan, beberapa titik sudah di bersihkan dan sudah dapat dilalui kendaraan, namun rute Kute Panang Blang Mancung hingga Jum’at siang belum bisa dilalui karena longsoran tanah masih menumpuk di badan jalan.
“Ada beberapa titik longsor yang sedang dalam pembersihan, dan diperkirakan hari ini Rute Kute Panang Blang Manceng sudah bisa dilalui kendaraan,” ujarnya.
Untuk melancarkan arus transportasi, BPBD mengerahkan tiga unit alat berat untuk membersihkan longsoran tanah yang menumpuk di badan jalan. Kawasan rawan longsor sendiri, terdiri di lintas jalan Takengon-Bireun. Untuk itu warga diminta berhati-hati saat melintasi jalan lintas itu. (Nusi/Yus)

Leave a Comment