Longsor Tasikmalaya : Waspadai Longsor di Awal Musim Penghujan

Ilustrasi : Rumah Yang Terkena Dampak Tanah Longsor
Ilustrasi : Rumah Yang Terkena Dampak Tanah Longsor

Metrotvnews.com, Tasikmalaya: Memasuki musim penghujan, ancaman bencana longsor sangat perlu diwaspadai.
Meski curah hujan belum merata dan baru dirasakan pada beberapa wilayah di Tasikmalaya, Jawa Barat, tidak menutup kemungkinan potensi longsor datang.
Keringnya tanah yang berlangsung tersiram curah hujan, maka sangat berisiko tanah di sekitar ambruk.
Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Kundang Sodikin, pihaknya sudah menyebar surat imbauan ke seluruh Kecamatan untuk menginventarisasi tanah rawan longsor. Sebab biasanya dengan kondisi tanah yang semula kering, ketika diguyur hujan dipastikan akan menjadi longsor yang membahayakan.
Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat juga lebih waspada terhadap kemungkinan terjadi bencana akibat hujan.
“Kami sudah meminta bantuan untuk melakukan pendataan di wilayahnya, lokasi mana saja yang rawan longsor. Upaya ini seiring masuknya musim penghujan,” ujarnya, Minggu (19/10/2014).
Sementara itu terkait dengan wilayah rawan bencana longsor di Tasikmalaya, kundang mengatakan hampir di seluruh wilayah di Kabupaten Tasikmalaya merupakan rawan longsor.
Namun berdasarkan catatan yang ada, wilayah tersebut di antaranya, Taraju, Bojonggambir, Sodonghilir, Parungponteng, Jatiwaras, Kadipaten, Salawu dan Salopa, menjadi wilayah yang rawan bencana longsor. (Kristiadi)
ADF

Leave a Comment