Instalasi Alat Monitoring Kestabilan Lereng Di PT Binuang Mitra Bersama (PT BMB) Blok Dua

Dengan target kapasitas produksi batubara hingga 7.000.000 MT di akhir tahun ini, PT Binuang Mitra Bersama (PT BMB) Blok Dua perlu mempersiapkan alat monitoring kestabilan lereng yang mampu merecord secara komprehensif dan real time, seluruh area pit sekaligus dalam satu sistem. Memberikan notifikasi alarm hazard (early warning systems) bahaya longsor serta memastikan seluruh stake holder bekerja dalam kondisi yang aman.


Pada 14 Oktober 2019, unit ARGATECH Extensometer V3.2 (Landslide Early Warning Systems And Slope Stability Monitoring), berhasil di instal di area Petrobase, yang berdekatan dengan Petrosea Mine Office Site BMB. Ini adalah unit kedua yang diorder oleh PT BMB dan di instal di area tambang mereka.


Tidak seperti alat monitoring sejenis yang hanya mampu memonitor satu sisi low wall atau high wall saja, 8 sensor ARGATECH Extensometer V3.2 terpasang di seluruh area site (baik area high wall, low wall, in pit maupun out pit) serta diarea disposal. Lokasi penempatan sensor tsb adalah follow up dari hasil pengamatan survey / prisma dimana titik-titik tersebut adalah area critical yang berpotensi terjadinya slope failure.

Leave a Comment