Tanah Longsor di Gunung Gumitir Dibersihkan, Arus Kembali Normal

jember – Arus lalin di jalur Gunung Gumitir, Kecamatan Silo, Jember yang sempat tersendat akibat tanah longsor, akhirnya berangsur normal. Jalur kembali normal setelah longsoran tanah dan ranting pohon yang menghalangi jalan sudah berhasil dibersihkan.
“Kondisi terkini arus sudah mulai normal, baik dari arah Timur (Banyuwangi) mau pun Barat (Jember) sudah mulai lancar,” kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Jember Iptu Suyitno, Jumat (16/3/2018).
Pembersihan longsoran, selain dilakukan secara manual, juga dibantu menggunakan alat berat. Ini membuat proses berjalan lebih cepat.
“Pembersihan lebih cepat karena dibantu dengan alat berat. Ada backhoe sama alat derek tadi. Ini sudah selesai dan sudah kembali,” kata Suyitno.Kendati arus lalin berangsur normal, namun laju kendaraan masih merayap. Pasalnya, saat dilakukan pembersihan, sempat dilakukan penutupan total selama 30 menit.
“Antrean kendaraan masih cukup panjang, karena tadi sempat ditutup total kurang lebih 30 menit. Tapi sekarang sudah normal, jalur bisa dilalui dua arah. Tapi memang antrean masih cukup panjang,” ujar Suyitno.Dia memprediksi butuh waktu sekitar satu jam agar arus benar- benar kembali normal. “Sekitar satu jam lagi kami prediksi jalur Gumitir ini benar-benar normal,” pungkasnya.Sementara Pelaksana Tugas Kepala BPBD Jember, Widi Prasetyo memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka atas peristiwa longsor tersebut. Pihaknya juga terus melakukan pemantauan di lokasi untuk melakukan antisipasi longsor susulan.
“Tidak ada korban jiwa mau pun luka, Alhamdulillah. Tapi kami tetap waspada melakukan antisipasi karena memang di sana masuk kawasan rawan longsor. Warga dan pengendara kendaraan juga kita imbau waspada jika melintas di jalur Gumitir,” tandasnya.
(iwd/iwd)

Leave a Comment