Tanah Longsor di Boyolali, Tiga Rumah Rusak Berat

Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Boyolali – Tanah longsor mengakibatkan tiga rumah rusak berat dan satu rumah rusak ringan di Boyolali. Beruntung tak ada korban jiwa dalam musibah ini. Sejumlah keluarga diungsikan ke lokasi yang lebih aman.
Tanah longsor tersebut terjadi di Perumahan Griya Ringin Sakti Asri, Desa Randusari, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali. Sebelum longsor, wilayah Boyolali diguyur hujan sejak pagi hingga sore hari. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Longsor terjadi diperkirakan karena talud di bagian belakang rumah warga tersebut ambrol. Bangunan rumah bagian belakang yang mepet dengan akhirnya ikut roboh.
“Hujan deras sejak pagi, kemudian air masuk ke perumahan tersebut dan masuk ke rumah-rumah warga ketinggiannya mencapai 50 cm, karena saluran air yang mampet,” kata Kapolsek Teras AKP Ahmad Nadiri kepada detikcom , Kamis (16/11/2017) petang. Akibat banjir itu, talud penahan tanah setinggi 4 meter di belakang rumah warga itu tak kuat menahan air. Selain itu tanahnya yang labil mengakibatkan talud jebol dan longsor. “Bangunan rumah bagian belakang ikut roboh,” jelasnya. Dia mengatakan ada tiga rumah warga yang mengalami kerusakan berat. Rumah itu, milik Hari Sri Manopo (35), rumah bagian kamar mandi dan dapur roboh. Kemudian rumah milik Sugiyanto (57), roboh pada ruang keluarga, dapur dan kamar mandi serta rumah milik Ahmad Mustofa (47), rusak pada bagian dapur.  “Tidak ada korban jiwa maupun luka,” kata dia.Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Boyolali, Purwanto, mengatakan selain tiga rumah rusak berat tersebut, satu rumah lainnya mengalami kerusakan ringan. Rumah milik Sugeng yang retak pada rumah bagian belakang. Sebanyak 3 KK mengungsi yaitu Bapak Sugeng, Hendi dan ibu Aan Hidayat. “Mereka mengungsi ke rumah saudaranya,” kata Purwanto.
(bgs/bgs)

Leave a Comment