Empat Sudah Tertimbun, Puluhan Rumah Lainnya Terancam Tanah Longsor di Boyolali

Tanah longsor di Dusun Dukuhan, Desa Repaking, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali. (Alexy/Kriminalitas.com)
Tanah longsor di Dusun Dukuhan, Desa Repaking, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali. (Alexy/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Boyolali – Tebing longsor sepanjang puluhan meter terjadi di Dusun Dukuhan, Desa Repaking, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali pada Senin (27/2) siang. Akibatnya, puluhan penduduk yang menghuni di kawasan tepi Sungai Serang tersebut terancam.Pantauan Kriminalitas.com di lapangan, sejak Sabtu (25/2) hujan deras terus mengguyur kawasan tersebut. Ditambah, debit sungai yang tinggi mengakibatkan gerusan terhadap tanah di sekitar Sungai Serang makin parah.
Sejumlah warga yang berada di kawasan tersebut sudah dievakuasi oleh pemerintah desa setempat. Meski begitu, masih terdapat puluhan penduduk lain yang masih bertahan dirumah mereka.“Rumah empat kepala keluarga sudah ikut hanyut terbawa longsor. Saat ini, korban sudah dievakuasi,” terang Kepala Dusun 3 Desa Repaking, Sukamdi.Menurutnya, longsor di pinggir sungai tersebut dikhawatirkan akan kembai terjadi. Jika kembali terjadi, maka retakan longsor dapat mencapai sepanjang ratusan meter dari kawasan awal yang saat ini telah longsong mencapai 20 meter.“Kami telah mengantisipasi dampak terburuk dari longsoran ini. Warga sudah kami peringatkan supaya bersiap-siap jika sewaktu-waktu akan dilakukan evakuasi,” terangnya.
Sementara,  Camat Wonosegoro, Hari Hariyanto menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten untuk penanganan bencana tersebut.Menurutnya, pencegahan longsor bisa dilakukan dengan memasang bronjong. Pihaknya juga sudah mengungsikan dan merelokasi warga  terdampak ke lokasi yang lebih aman.“Warga terdampak saya relokasi, yang penting mereka aman dulu. Saya sudah lapor DPU dan bilang ke Bupati tentang bencana ini agar ada penanganan lebih lanjut,” tandasnya.

Leave a Comment