Longsor Rusak Puluhan Rumah Warga di Tegal

longsor-rusak-puluhan-rumah-warga-di-tegal-U3G-thumb
TEGAL – Puluhan rumah di Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal rusak setelah tanah longsor terjadi di wilayah rawan tanah bergerak tersebut, Sabtu (28/1/2017) petang. ‎Longsor juga membuat sejumlah titik akses jalan tak bisa dilewati.Longsor terjadi sekitar pukul 18.30 WIB usai hujan lebat mengguyur wilayah setempat sejak siang hingga sore hari.Hujan membuat tanah yang kondisinya labil bergerak‎ dan akhirnya longsor.
Material tanah yang longsor menimpa puluhan rumah warga hingga mengalami kerusakan berat dan ringan. Rumah-rumah yang rusak berada di RT 02 dan RT 06 RW 02.Kepala Desa Dermasuci Mulyanto mengatakan, jumlah rumah yang mengalami kerusakan berat dan ringan mencapai 68 rumah.“Rumah yang mengalami kerusakan berat ada 48 rumah. Kondisinya nyaris roboh. Sisanya rusak ringan berupa retak-retak,” kata Mulyanto, Minggu (29/1/2017).
Menurut Mulyanto, rumah yang mengalami kerusakan berat terpaksa dikosongkan oleh pemiliknya karena rawan roboh. Pemilik rumah selanjutnya menunggu tempat mengungsi yang lebih aman.“Pemilik rumah yang mengalami kerusakan berat sudah membawa keluar barang-barang yang ada di dalam rumah untuk mengantisipasi jika rumah roboh,” ujarnya.Tak hanya merusak rumah-rumah warga, longsor juga mengakibatkan akses jalan desa saluran pipa air mengalami kerusakan.
Sedikitnya terdapat tiga titik ‎jalan yang ambles dan tertimbun tanah longsor. “Satu titik jalan desa terputus, dan dua titik yang tertimbun longsor, sehingga sementara tak bisa dilewati,” ungkap Mulyanto.Upaya penanganan kerusakan tersebut kemarin langsung dilakukan oleh warga bersama relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI), dibantu aparat kepolisian dan TNI.  “Warga  menunggu tempat pengungsian,” imbuh Mulyanto Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal Sunarto mengatakan, ‎Tim Satgana PMI sudah diterjunkan ke lokasi sejak Sabtu malam begitu mendapat laporan adanya tanah longsor. “Posko PMI sudah didirikan di lokasi untuk memberikan pertolongan kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan dan harus mengungsi,” pungkasnya.
(nag)

Leave a Comment