Longsor Terjadi di Berbagai Tempat di Sukabumi, Jalan Cipecang Tertutup Tanah Longsor

longsor-majene_20161010_222520
BHARATANEWS.ID | SUKABUMI – Tak hanya banjir, longsor juga melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi.Longsor dilaporkan terjadi di tiga titik di Jalan Cipecang Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Rabu (9/11/2016) malam.Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan, longor terjadi sekitar pukul 18.30 WIB. Adapun longsor di Jalan Cipecang merupakan longsor susulan. Sebelumnya ketiga titik itu mengalami longsor pada Jumat (4/11/2016).

“Material tanah dan batu besar menutupi jalan tersebut sehingga tidak dapat dilalui kendaraan dari Tamanjaya ke Ciwaru,” kata Yusri kepada Tribun melalui pesan singkat, Rabu (9/11/2016) malam.Menurut Yusri, tidak ada jiwa dalam peristiwa itu. Tanah dan batu, kata Yusri, tengah diupayakan dibersihkan dengan alat berat.“Aparat polsek telah berkoodinasi dengan unsur muspik dab BPBD,” ujar Yusri.sejumlah kecamatan di Kabupaten Sukabumi diterjang banjir, Rabu (9/11/2016).Secara rerata ketinggian banjir yang melanda di sejumlah wilayah Kabupaten Sukabumi mencapai 1-2 meter.Kepala Bidang Kedaruratan dan Logsitik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Usman Susilo, mengatakan, empat titik di Kabupaten Sukabumi terendam banjir.Ia belum bisa memastikan jumlah rumah yang terendam dan dampak yang diakibatan banjir tersebut.

“Data lengkapnya belum karena kami dan petugas kami masih di lokasi kejadian, saat ini hujan masih mengguyur. Tidak hanya banjir, ada longsor juga,” kata Usman melalui sambungan telepon, Rabu (9/11/2016) malam.Adapun empat titik yang terkena banjir, kata Usman, yakni di Kecamatan Sagaranten, Kecamatan Cidolog, Kecamatan Cibitung, dan Kecamatan Ciracap.Menurut Usman, penyebab banjir di empat titik itu akibat tingginya curah hujan dan meluapnya sungai yang ada di wilayah tersebut.“Kalau di Cidologi yang meluap Sungai Cipamingkis, kalau Cibitung SUngai Cikasi, sedangkan yang lain belum diketahui,” kata Usman singkat.(TRIBUNNEWS.COM)

Leave a Comment