Longsor di Ciamis Timbun Lahan Pemakaman Umum

Ilustrasi/Metrotvnews.com
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Ciamis: Hujan deras yang mengguyur di Ciamis, Jawa Barat, membuat tebing setinggi 30 meter ambrol dan menimbun areal pemakaman umum serta mengancam belasan rumah. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi ke tempat aman karena khawatir longsor susulan.
Pantauan Metro TV, ada tiga daerah yang mengalami longsor pada, Sabtu, 13 Februari pagi. Antara lain, di Desa Gegempalan, Desa Margaluyu, dan Desa Nasol, di Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis.
Longsor yang terjadi di Desa Gegempalan adalah runtuhnya tebing setinggi 30 meter dan mengubur pemakaman umum dan kolam. Kerugian material ditaksir Rp100 juta. Aparat desa setempat menyarankan warga yang rumahnya berdekatan dengan lokasi longsor untuk mengosongkan rumah. “Jangan sampai longsor susulan menimbulkan korban jiwa,” kata Kepala Desa Gegempalan, Rudi.
Tebing setinggi 15 meter juga tiba-tiba longsor di Desa Nasol dan nyaris menimbun lima rumah. Hingga saat ini warga ciamis masih bergotong-royong mengevakuasi material longsoran serta puluhan batang pohon yang turut tumbang tergerus longsor. Warga juga membuat saluran air baru untuk mencegah longsor di tempat yang berbeda.
UWA

Leave a Comment