Longsor Di Bungkanel Purbalingga

Suara Purwokerto – Hujan deras yang terjadi Minggu (6/12) petang mengakibatkan longsor dan menutup jalan yang menghubungkan Dusun Bungkanel – Sembrugul. Akibatnya, akses jalan antar dusun sempat tergannggu berpa lama.
Selain di Desa Bungkanel Sabtu (5/12) hujan juga mengakibatkan lonngsor jalan penghubung Desa Banjarsari-Desa Limbasari tepatnya di tanjakan watu tumpang.
Kepala Desa Bungkanel, Mukti Fatoni mengatakan, longsoran di Desa Bungkanel hanya menutup jalan penghubung antardusun. Karena kondisi longsor sudah petang, longsoran baru dibersihkan kemarin pagi.
Akibat longsoran tersebut, Toni menambahkan, akses dari Dusun Sembrugul sempata terisolasi selama satu malam. Selain itu, masyarakat yang akan beraktivitas pagi hari juga haru berputar jalan lain dan lebih jauh. Pasalnya, jalan tersebut merupakan akses terdekat menuju kota.
Toni mennjelaskan, puluhan masyarakat, TNI dan Polri bersama bergotong royong membersihkan tanah longsoran yang menutup jalan. Sehingga, akses penghubung antar dusun bisa kembali dilalui dan aktivitas masyarakat kembali normal.
Sementara itu, Komandan Koramil Bobotsari Kapten CAJ Purwanto mengatakan, Sabtu (5/12) hujan lebat juga menimbulkan longsor dan menutup jalan penghubung Desa Banjarsari-Limbasari. Beruntung, saat kejadian longsor kondisi jalan sepi, sehingga tidak ada korban jiwa.
“Kami langsung menerjunkan anggota dan masyarakat untuk membersihkan longsoran tersebut. Sehingga, akses jalan penghubung antar desa tersebut tidak mengganggu aktivitas masyarakat,\” katanya. (Ryan Rachman)

Leave a Comment