Longsor Batu Besar Timpa Rumah di Padang Selatan

PADANG, HALUAN — Malang sekejap mata. Tiba-tiba dua unit rumah di Bukik Tambungo dekat kuburan Turki RT2 RW1 Kelurahan Mata Air Kecamatan Padang Selatan ditimpa batu besar.
Kedua rumah ini rusak parak. Peristiwa ini terjadi, Selasa (4/8) sekitar pukul 05.30 WIB.
Kedua rumah yang ditimpa batu itu masing-masing milik Nabris (72) mengalami rusak 70 persen dan rumah milik Roni (29) yang rusak 80 persen. Hingga pukul 14.30 WIB tim BPBD dan PU Kota Padang masih melakukan evakuasi di kokasi kejadian.
Kepala BPBD PK Kota Padang Dedi Henidal pada Haluan, menjelaskan bahwa kejadian batu menimpa rumah warga tersebut diakibatkan longsor karena hujan deras yang melanda Kota Padang dalam dua hari ini.
” Longsor dan batu di atas bukit tersebut jatuh ke bawah tepat menimpa samping kedua rumah korban. Untunglah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hingga siang tim evakuasi masih berada di lokas kejadian,” terang Henidal.
Dikatakannya, bagi warga sekitar tidak perlu khawatir de­ngan adanya longsor. Namun, tetap diharapkan kewaspa­daan­nya terhadap ancaman bahaya.
Sementara itu, Kapolsek Pa­dang Selatan Kompol Sukirman mengatakan, tidak ada unsur kesengajaan dari pihak manapun. Musibah yang menimpa tersebut murni longsor akibat tanah lunak akibat hujan deras.
Sukirman juga mengatakan bahwa kejadian tersebut tidak usah dicemaskan dan juga tidak ada korban jiwa. “Yang tertimpa tidak langsung rumah korban, namun ke tepi rumahnya dan kerugian juga tidak banyak. Diha­rapkan saja kewaspadaannya,” ujarnya.
(h/mg-win)

Leave a Comment