Empat Penambang Batu Bara Tewas Tertimbun Longsor

Foto: euronews
Foto: euronews

 
 
 
 
 
 
TUZLA, suaramerdeka.com – Tim Search and Rescue (SAR) menemukan mayat empat orang yang diyakini penambang liar, 18 jam setelah longsor mengubur tambang batu bara di Dubrave, timur laut Bosnia, polisi dan pejabat mengatakan.
“Keempat mayat telah ditemukan dan dibawa ke rumah sakit Tuzla untuk otopsi,” kata juru bicara polisi Izudin Saric, Minggu (22/2).
Upaya pencarian sempat terkendala luasnya lahan longsor yang mencapai 5.000 meter kubik.
Inspektur Pertambangan, Nuraga Duranovic mengatakan penambang yang terkubur, diduga secara ilegal mengumpulkan batu bara dari tambang yang rawan longsor.
Tak seorang pun dari manajemen tambang yang tersedia untuk memberi pernyataan.
Duranovic menambahkan, tambang akan ditutup dalam beberapa hari mendatang, sementara polisi dibantu ahli pertambangan akan menyelidiki penyebab insiden ini.
Kecelakaan sering terjadi di tambang batu bara usang Bosnia. Pada bulan September, lima penambang tewas setelah gempa bumi memicu longsor di tambang Raspotocje, Bosnia tengah.
Penambangan ilegal marak di Bosnia. Banyak warga dari kalangan ekonomi bawah mengumpulkan batu bara secara ilegal untuk memenuhi kebutuhan.
Tambang di Dubrave merupakan bagian dari tambang batu bara Kreka, yang menghasilkan bahan bakar untuk pembangkit listrik terbesar Bosnia, EPBiH.
(Reuters, Linda/ CN33)
 

Leave a Comment