Longsor Timbun Puluhan Rumah di Sawahlunto

Rumah warga jebol terkena longsor (foto:Istimewa/Sindonews)
Rumah warga jebol terkena longsor (foto:Istimewa/Sindonews)

 
 
 
 
 
 
 
SAWAHLUNTO – Bukit Tagalo mengalami longsor dan menimbun puluhan rumah di Kecamatan Silungkang, Kanagarian Silungkang Oso, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. Akibat longsor ini, dua dusun di Kecamatan Silungkang Oso terisolasi.
Hingga Jumat (13/2/2015) pagi, puluhan warga Desa Silungkang Oso, Kota Sawahunto, terlihat masih membenahi rumah mereka yang terendam material lumpur akibat longsoran Bukit Tagalo.
Lumpur setebal 10-15 centimeter pun masih terlihat menumpuk di dalam rumah warga, dan jalan–jalan utama desa tersebut. Setidaknya, terdapat 21 unit rumah yang tergenang lumpur, dan tujuh unit rumah yang rusak diterjang longsor.
Di kawasan ini terdapat sebanyak delapan titik longsor yang hingga kini masih belum bisa diatasi, karena sulitnya medan mencapai lokasi longsor, serta membawa alat berat menuju lokasi longsor.
Selain merendam puluhan rumah, longsor juga merendam satu unit paud, dan posyandu. Masuknya longsoran tanah berlumpur ini mengakibatkan sejumlah barang–barang elektronik milik warga mengalami kerusakan parah.
Longsor juga mengakibatkan puluhan warga di Desa Silungkang Oso mengungsi ke rumah tetangga mereka yang aman dari jangkauan longsor. Warga mengaku, takut akan terjadinya longsor susulan jika hujan terus mengguyur lokasi tersebut.
Setidaknya, terdapat tiga desa yang terkena dampak longsor dan banjir, yakni Desa Silungkang Olo, Desa Sungai Cacang, dan Desa Sawah Darek.
(san)
http://daerah.sindonews.com

Leave a Comment