Jalur Pesisir Selatan Sumbar Rawan Longsor, Pemudik Diimbau Hati-hati

pesisir selatan
 
 
 
PAINAN, GORIAU.COM-Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), menyatakan jalur Pesisir Selatan – Sungai Penuh rawan longsor. Oleh karena itu pemudik diminta hati-hati ketika melintas.
“Kita mengimbau pengendara yang melalui jalur Sungai Penuh – Pesisir Selatan agar dapat menghentikan sementara perjalanannya di tempat-tempat yang lebih aman dari bencana alam apabila terjadi hujan karena dikhawatirkan dapat membahayakan keselamatan jika diteruskan, ” ujar Bupati Pesisir Selatan, Nasrul Abit, Minggu (12/7/2015).
Menurutnya, waktu tempuh jalur tersebut semestinya hanya sekira lima hingga enam jam. Namun, jika hujan turun, waktu tempuhnya bisa menjadi dua hari. Sebab jalur tersebut akan semakin sulit dilewati karena tidak semuanya di-aspal.
Selain rawan longsor, jalur itu juga rawan pohon tumbang. Pohon tumbang bisa membuat jalur Pesisir Selatan lumpuh total. Panjang jalur itu sendiri mencapai 60 kilometer.
“Jalan itu juga terdapat banyak tikungan tajam, tanjakan dan turunan. Maka itu kita ingatkan para pemudik dan balik lebaran nanti agar berhati hati, apalagi saat hujan, pengemudi diminta untuk dapat mengatur kecepatan kendaraannya, ” ucap Nasrul
http://www.goriau.com

Leave a Comment