30 KK di Taraju Kabupaten Tasikmalaya Mengungsi Akibat Bencana Longsor

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA – Sekitar 30 KK di Kampung Mekarsari, Desa Cikubang, Kecamatan TarajuKabupaten Tasikmalaya, terpaksa mengungsi, akibat bencana longsor yang terjadi di kampung itu.

Ke-30 KK itu ada yang menumpang di rumah saudara atau tetangga yang masih aman, dan ada pula yang mendiami tenda yang disediakan BPBD Kabupaten.

“Mereka mengungsi karena rumah mereka terancam longsor susulan. Kondisinya mengkhawatirkan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin, Jumat (26/6/2020).

Ia mengungkapkan, bencana longsor yang terjadi beberapa hari lalu itu, menyebabkan 13 rumah rusak berat dan ringan serta 17 rumah lainnya terancam.

Karena kondisi lokasi longsor masih membahayakan, seluruh penghuni yang berjumlah 30 KK terdiri dari 49 jiwa itu diungsikan ke tempat aman.

“Kami sudah memasang tenda untuk menampung sementara sebagian pengungsi. Sebagian lagi nebeng di rumah saudara atau tetangga,” ujar Nuraedidin.

Ia menambahkan, wilayah Kecamatan Taraju termasuk salah satu daerah rawan bencana tanah longsor di Kabupaten Tasikmalaya karena berada di lokasi perbukitan.

“Wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya memang berupa deretan perbukitan yang rawn longsor. Tidak hanya Taraju, tapi juga kecamatan di sekitarnya. Seperti Bojonggambir, Sodonghilir, dan Puspahiang, semuanya raean longsor,” kata Nuraedidi. (firman suryaman)













Leave a Comment