Setidaknya 13 Tewas Akibat Tanah Longsor di California Selatan

10 January 2018
in News
Pencarian korban tanah longsor di California selatan dilakukan dengan menggunakan anjing pelacak. Foto/Istimewa

Pencarian korban tanah longsor di California selatan dilakukan dengan menggunakan anjing pelacak. Foto/Istimewa

WASHINGTON – Sedikitnya tiga belas orang tewas dan sedikitnya 25 orang terluka akibat tanah longsor di California Selatan.  Menurut Sheriff Santa Barbara County, jumlah korban jiwa diperkirakan akan meningkat.
Sejumlah rumah hancur karena hujan deras mengirim lumpur dan batu-batu besar bergemuruh menuruni bukit-bukit yang hangus oleh kebakaran dahsyat bulan lalu.

Petugas penyelamat menggunakan helikopter untuk menarik orang dari atap rumah karena puing-puing memblokir jalan. Sementara petugas pemadam kebakaran menarik seorang gadis berusia 14 tahun yang terjebak lumpur dari rumah di Montecito yang roboh dimana dia telah terjebak selama berjam-jam.

Bencana tanah longsor ini terjadi pada tengah malam akibat banjir yang melanda Pegunungan Santa Ynez yang terjal dan terbakar. Zona yang terbakar utama sangat rentan terhadap tanah longsor karena bumi yang hangus tidak bisa menyerap air dengan baik dan tanah mudah terkikis saat tidak ada semak belukar.

Aliran lumpur menyapu bersih mobil dan menghancurkan beberapa rumah, menghancurkannya menjadi tumpukan reruntuhan. Foto yang diposkan di media sosial menunjukkan lumpur setinggi pinggang di ruang keluarga.
“Beberapa penduduk tidak ditemukan di lingkungan yang sulit dijangkau karena pohon-pohon dan jaringan listrik yang tumbang,” kata juru bicara Pemadam Kebakaran Santa Barbara County, Dave Zaniboni, seperti dikutip dari Telegraph, Rabu (10/1/2018).

Pihak berwenang telah bersiap menghadapi kemungkinan bencana banjir karena hujan deras dalam ramalan akan turun untuk pertama kalinya dalam 10 bulan.
Evakuasi diperintahkan di area yang baru terbakar di wilayah Santa Barbara, Ventura dan Los Angeles. Namun diperkirakan hanya sekitar 10 sampai 15 persen orang di daerah evakuasi wajib di Santa Barbara County yang memperhatikan peringatan tersebut, kata pihak berwenang.

Beberapa kerusakan terburuk terjadi di Jalan Hot Springs Montecito dan penduduk berada di bawah peringatan evakuasi sukarela. Batu-batu berhamburan dan tersebar di seberang jalan.
Situasi diperburuk oleh curah hujan yang terjadi dalam rentang 15 menit mulai pukul 3.30 pagi. Wilayah Montecito mendapat curah hujan lebih dari setengah inci dalam lima menit, sementara Carpinteria menerima hampir satu inci dalam 15 menit.

Masyarakat sendiri masih berada di bawah bekas luka yang ditinggalkan oleh kebakaran dahsyat yang meletus pada 4 Desember lalu dan menjadi yang terbesar yang pernah tercatat di California. Kebakaran ini ini tersebar di lebih dari 440 mil persegi (1.140 kilometer persegi) dan menghancurkan 1.063 rumah dan bangunan lainnya. Api terus membara jauh di padang belantara.
Badai menghantam sebagian besar negara bagian dengan angin kencang dan badai petir. Pusat kota San Francisco mendapat hujan 3,15 inci pada hari Senin, menghancurkan rekor lama yaitu 2,36 inci pada tahun 1872.

(ian)

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*