Jalan Provinsi di Salem Brebes yang Terputus Longsor Mulai Dibangun

16 May 2018
in News
MULAI DIBANGUN - Pembukaan jalan provinsi baru di kecamatan Salem Brebes mulai dilaksanakan. Sebelumnya, jalan provinsi tersebut putus akibat longsor besar    Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Jalan Provinsi di Salem Brebes yang Terputus Longsor Mulai Dibangun, http://jateng.tribunnews.com/2018/05/12/jalan-provinsi-di-salem-brebes-yang-terputus-longsor-mulai-dibangun. Penulis: mamdukh adi priyanto Editor: iswidodo

MULAI DIBANGUN – Pembukaan jalan provinsi baru di kecamatan Salem Brebes mulai dilaksanakan. Sebelumnya, jalan provinsi tersebut putus akibat longsor besar

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Mamdukh Adi Priyanto

TRIBUNJATENG.COM, BREBES - Selain menelan belasan korban jiwa, bencana longsor besar di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem, Brebes pada Februari 2018 lalu juga memutus jalan provinsi sepanjang 507 meter.Jalan provinsi tersebut menghubungkan antara Kecamatan Salem dan Banjarharjo Brebes.Jalan tersebut juga kerap dilewati sebagai jalur alternatif warga dari Cilacap dan Bumiayu yang hendak menuju Kuningan, Cirebon, Jakarta dan sebagainya.Bina Marga Provinsi Jateng mulai membangun jalan baru. Jalan baru tersebut mengambil jalur hutan milik Perhutani.

Hal itu lantaran jalur lama tidak memungkinkan karena tanahnya yang labil dan dikhawatirkan kembali terjadi longsoran.”Kami tidak bisa menggunakan jalur lama lantaran tanah di sekitarnya dinilai labil. Hal itu juga diperkuat dengan survei dan penelitian dari tim Geologi Bandung,” kata Kepala BPT Bina Marga Wilayah Tegal Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jateng, Tri Haryono, Sabtu (12/5/2018).

Karena itu, jalan baru yang digunakan yakni dengan merambah hutan- hutan.Jalur untuk jalan baru itu yakni melintasi jalur Kampung Ciwindu, Desa Wanoja menuju hutan Bleketepe dan tembus ke Desa Cibodas, Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan Jawa Barat kemudian kembali lagi ke Kecamatan Salem. Lintasan di jalur ini sepanjang 7,69 kilometer.Dalam pembukaan akses jalan provinsi baru, Bina Marga mengerahkan empat unit alat berat. Alat berat membuka akses jalan dengan lebar 7 meter.

Pekerjaan akan terus dikebut agar jalan dapat segera dilintasi.Selama jalur putus, warga sekitar yang hendak ke daerah utara atau sebaliknya, mengambil jalur memutar dengan melintasi Kecamatan Bumiayu, Brebes.Sementara Kades Wanoja, Salyo Pranoto, mengharapkan proyek jalan baru tersebut segera teralisasi.”Harapan kami dan seluruh warga tentunya, cuaca bersahabat sehingga memudahkan perampungan pembangunan jalan,” ucapnya.Dalam pembukaan jalan baru itu, masyarakat dibantu dengan jajaran TNI Kodim Brebes turut membantu agar pekerjaan cepat rampung.”Kami, para warga siap dilibatkan dalam kegiatan karya bakti membuka akses jalan baru,” ujarnya. (*)

 

 

 

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*