Bencana Tanah Longsor Landa Dua Dusun di Wonogiri

13 March 2018
in News

WONOGIRI, suaramerdeka.com -Bencana tanah longsor, Senin (12/3) pukul 01.00 dinihari, melanda dua dusun di Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto (70 Kilometer arah timur laut Kota Wonogiri). Yakni di Dusun Sobo RT 2/RW 7 dan di Dusun Ngrembah RT 2/RW 6.Kapolres Wonogiri AKBP Robertho Pardede dan Kapolsek Bulukerto AKP Kukuh Wiyono, melalui kasubag Humas Polres AKP Hariyanto, Senin (12/3), menyatakan tidak ada korban jiwa dalam musibah tanah longsor di dua dusun tersebut. Tapi dua rumah warga rusak, dan sebagian material longsorannya menimbuni badan jalan antardusun.

Paur Subag Humas Polres Wonogiri, Aipda Iwan Sumarsono, menambahkan, dua rumah warga yang rusak terkena longsoran, terdiri atas rumah milik Katino (58) berukuran 20 Meter Persegi (M2) di Dusun Sobo RT 2/RW 7, dan rumah milik Senen (55) berukuran 12 M2 di Dusun Ngrembah RT 2/RW 6, semuanya di Desa Geneng, Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri.Sekretaris Desa (Sekdes) Geneng, Sidi (35), dan Kepala Dusun (Kadus) Sobo, Pipin (28), menyatakan, bencana tanah longsor itu terjadi setelah lokasi setempat diguyur hujan lebat selama 4 jam. Yakni dari pukul 20.00 sampai dengan 24.00 tengah malam. Selang sejam kemudian, yakni pada pukul 01.00 dinihari, terjadilah bencana tanah longsor.

Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Basuki Sepriadi bersama Danramil-21 Bulukerto Kapten (Inf) Tono, melalui Perwira Penerangan Kodim (Papendim) Letda (Inf) Nurhadi, Senin (12/3), menyatakan, bencana tanah longsor tersebut dipicu oleh melorotnya sisi tebing Dusun Sobo setinggi 7 Meter dengan lebar 5 Meter. Dampaknya, merusak dua rumah warga dan sebagian menimbuni badan jalan.Untuk membantu meringankan korban, para personel dari Polsek Bulukerto pimpinan Kapolsek AKP Kukuh Wiyono dan jajaran Koramil-21 Bulukerto pimpinan Danramil Kapten (Inf) Tono, tampil memprakarsai gotong royong kerja bakti massal bersama pamong desa dan warga masyarakat. Kerja bakti massal ini, fous untuk menyingkirkan longsoran material yang merusak rumah, dan yang menimbuni badan jalan.Bersamaan itu, Kapolsek Bulukerto AKP Kukuh Wiyono, bersama pamong desa di Desa Geneng, mengimbau kepada warga yang rumahnya berdekatan dengan tebing lereng, untuk meningkatkan kewaspadaannya bersiaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana.

 

(Bambang Purnomo /SMNetwork /CN33 )

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*