Banjir dan Longsor Terjang Sejumlah Wilayah di Jambi

7 December 2017
in News
Alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor di jalur Kota Sungaipenuh-Tapan, Provinsi Jambi. (Foto: Istimewa/B Santoso)

Alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor di jalur Kota Sungaipenuh-Tapan, Provinsi Jambi. (Foto: Istimewa/B Santoso)

Liputan6.com, Jambi - Tingginya curah hujan di Provinsi Jambi, mulai menimbulkan bencana. Terkini, ada beberapa daerah dilanda banjir dan tanah longsor. Seperti di Kabupaten Sarolangun, Tebo, dan Kota Sungaipenuh.Iwan, salah seorang sopir travel jurusan Kota Jambi-Kota Sungaipenuh mengatakan, longsor terjadi di jalur Kota Sungaipenuh menuju daerah Tapan. Tepatnya di kilometer 35 dan 37.”Sampai Senin siang tadi, jalur masih tertimbun longsor. Lalu lintas lumpuh, dan kabarnya ada satu mobil terjebak longsor juga,” ujar Iwan saat dihubungi, Senin malam, 27 November 2017 Menurut Iwan, jalur Kota Sungaipenuh menuju Tapan memang rawan akan longsor.

Sebab jalur tersebut diselingi tebing yang cukup tinggi. Apabila masuk musim penghujan maka bisa memicu longsor.Longsor tersebut juga dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sungaipenuh, Paunal Akhyar. Untuk mengatasi longsor tersebut, pihaknya sudah menurunkan sejumlah alat berat ke lokasi dengan dibantu petugas dari Tim Reaksi Cepat (TRC).”Daerahnya memang rawan akan longsor karena kondisi tanah yang labil,” ujar Paunal.Ia pun mengimbau agar warga berhati-hati saat melintasi jalur Kota Sungaipenuh menuju Tapan. Jalur berstatus jalan nasional dikenal sebagai langganan longsor saat musim hujan tiba.

 

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*