Tanah Longsor di Cigombong Tewaskan 2 Pekerja Double Track KA Jurusan Bogor – Sukabumi


Suasana evakuasi pekerja Double Track KA jurusan Bogor-Sukabumi yang menjadi korban tanah longsor di Kampung Baru Rt. 02/07 Desa Wates Jaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor, Sabtu (16/11) 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR – Tanah longsor terjadi di Kampung Baru, Rt 02/07, Desa Wates Jaya, Kecamatan CigombongKabupaten Bogor, Sabtu (16/11/2019).

Tanah longsor tersebut memakan korban jiwa, yakni lima pekerja Double Track KA jurusan Bogor-Sukabumi.Dua pekerja dilaporkan meninggal dunia di tempat kejadian Dua pekerja lagi mengalami luka berat dan satu pekerja lainnya luka ringan.

Suasana evakuasi pekerja Double Track KA jurusan Bogor-Sukabumi yang menjadi korban tanah longsor di Kampung Baru Rt. 02/07 Desa Wates Jaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor, Sabtu (16/11).
Suasana evakuasi pekerja Double Track KA jurusan Bogor-Sukabumi yang menjadi korban tanah longsor di Kampung Baru Rt. 02/07 Desa Wates Jaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor, Sabtu (16/11). (dok.BPBD Kabupaten Bogor)

“Semua korban merupakan warga Dusun Sunawa Kec. Brati Kab. Grobogan Jawa Tengah,” kata Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan BPBD Kabupaten BogorM. Adam Hamdani kepada Warta Kota, Sabtu (16/11) malam.

Menurut Adam, peristiwa itu terjadi sekira Pukul 08.45.Saat itu para pekerja sedang memasang besi pondasi.

Namun, tiba-tiba dinding tanah longsor dengan Panjang Longsoran +/- 30meter, Tinggi +/- 6meter, Lebar +/- 2meter yang menimpa para pekerja.

“Para kerja yang tertimbun tanah longsor dievakusi menggunakan alat berat milik PT. KAI,” ujar Adam.Pihaknya mendapat informasi terjadinya longsor tersebut dari Polsek Cigombong.

Lalu pihaknya segera mengerahkan 6 anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) menuju lokasi kejadian.Keenam anggota TRC itu lalu dibagi dua dengan perincian dua orang di lokasi longsor dan empat anggota lainnya bersiaga di rumah sakit.

Kemudian TRC BPBD Kabupaten Bogor melakukan koordinasi dengan aparat setempat, yakni Polsek Cigombong, Kecamatan Cigombong, Bintara Pembina Masyarakat (Babinsa), Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan PT KAI.

“Setelah mengevakuasi, akhirnya kami mengidentifikasi para korban,” imbuhnya.Dua pekerja yang meninggal diketahui bernama  Wisnu, berusia 34 tahun dan Kanapi, berusia 30 tahun.

“Kedua jenazah saat ini berada di RSUD Ciawi,” tuturnya. Lalu dua rang Luka Berat atas nama: Sukardi, berusia 44 tahun dan Sarpin, berusia 34 tahun.Mereka menjalani pengobatan dan perawatan di RSUD Ciawi.

“Satu orang lagi mengalami luka ringan. Dia itu beenana Parjo,berusia 47 tahun. Sekarang berada di Puskesmas  Cigombong).

“Para korban merupakan warga Dusun Sunawa Kec. Brati Kab. Grobogan Jawa Tengah,” imbuhnya Situasi di lokasi, kata Adam, sudah kondusif.Seluruh korban sudah di bawa ke rumah sakit RSUD Ciawi dan Pukesmas Cigombong. (akn)

Sebelumnya Wartakotalive melaporkan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan jalur ganda rel kereta api Bogor-Sukabumi selesai tahun 2020.

“Tahap awal kami targetkan selesai Desember tahun ini dari Cigombong hingga Cicurug, kemudian dilanjutkan Cicurug-Sukabumi yang targetnya selesai tahun 2020,” kata Budi, Rabu (4/4/2018).

Pembangunan jalur ganda tersebut, kata Budi, akan menggunakan dana dari APBN sebesar Rp1 triliun dan untuk tahap pertama pembangunan dari Cigombong hingga Cicurug memakan biaya sebesar Rp175 miliar dan pembangunannya baru sekitar 10 persen.

Budi mengatakan, pada pelaksanaan pembangunan ini tidak ada hambatan hanya saja di beberapa titik terdapat bukit dengan kedalaman 11 hingga 12 meter.

Selain itu, untuk pembenahan lahan atau tanah milik negara, yakni PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang digunakan warga untuk permukiman sudah mulai dibersihkan atau dibenahi dan pemilik bangunan diberikan uang kerohiman.

“Kami yakin target penyelesaian pembangunan akan tepat waktu karena tidak ada hambatan yang berarti,” kata Budi.

Budi mengatakan, pembangunan jalur ganda tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan moda transportasi darat di Sukabumi, khususnya menuju Jakarta.

Penulis: Adi Kurniawan

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul: Proyek Double Track di Cigombong Longsor Bikin Dua Pekerja Tewas



Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Tanah Longsor di Cigombong Tewaskan 2 Pekerja Double Track KA Jurusan Bogor – Sukabumi, https://www.tribunnews.com/metropolitan/2019/11/17/tanah-longsor-di-cigombong-bogor-tewaskan-2-pekerja-double-track-ka-jurusan-bogor-sukabumi?page=3.

Editor: Imanuel Nicolas Manafe













Leave a Comment